Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini Infovet 147, Oktober 2006 - SELAMAT! AGAR KITA BAIK-BAIK SAJA | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

Infovet 147, Oktober 2006 - SELAMAT! AGAR KITA BAIK-BAIK SAJA

Pengharapan terhadap perbaikan masa depan perekonomian dan kesejahteraan rakyat dalam pemenuhan kebutuhan produk asal ternak selalu ada, meski berbagai kendala membelit laksana gurita yang bilamana satu kaki gurita dilepas, kaki yang lain akan membelit.

Sikap yang sempurna untuk segala kebaikan dalam mengambil dan menjalankan kebijaksanaan diminta oleh alam kepada seluruh keluarga besar masyarakat Indonesia dan masyarakat peternakan dan kesehatan hewan untuk diwujudkan dalam konsep strategi serta aplikasi praktisnya.

Pemimpin pemerintahan yang mengurusi sektor peternakan dan kesehatan hewan, mau tak mau harus berperan sebagai kepala rumah tangga, suami dan ayah yang baik dalam bekerjasama dengan semua unsur masyarakat peternakan dan kesehatan hewan.

Sikap bijaksana ini mutlak dimiliki seiring dengan hak-hak dan kewenangan serta ‘berkat-berkat’ yang ternyata dengan mudah dilihat dalam kehidupan pembesar pemerintahan dengan berbagai kekayaan pribadi yang jauh kontras dibanding saat sebelum menjadi pejabat.

Lebih dari berkat ‘sampingan’ itu, yang luhur adalah bagaimana berbagai upaya dan usaha untuk perbaikan perikehidupan masyarakat dalam bidang peternakan dan kesehatan hewan tidak terhambat. Laksana doa-doa untuk perbaikan taraf hidup dan perekonomian, jangan sampai terhalang oleh perbuatan melenceng dan tidak bijak dari para pemimpin dalam mengambil keputusan dan mengimplementasikannya pada seluruh lapisan bawahan dan seluruh rekanan kerja pendukung.

Dibutuhkan kebenaran, keadilan, kepatutan dan kebijaksanaan setiap pengambilan kebijakan penggede itu, yang hanya bisa didapatkan dengan keheningan dan pimpinan Tuhan Yang Maha Bijaksana. Para pemimpin mesti menaklukkan kepentingan pribadi. Tanpa semua itu setiap jalan yang ditempuh untuk meningkatkan perikehidupan dunia peternakan dan kesehatan hewan kita akan selalu berputar-putar dan berkutat pada lorong-lorong labirin yang tak jelas jalan keluarnya.

Jalan keluar adalah lolosnya seluruh elemen masyarakat peternakan dan kesehatan hewan mengatasi semua permasalahan tanpa tendensi untuk membela satu golongan yang menguntungkan pribadi, tapi membela seluruh keluarga besar masyarakat peternakan dan kesehatan hewan dengan menempatkan permasalahan secara obyektif untuk kepentingan nasional yang terbangun positif dan berkelanjutan, bukan pembangunan kepentingan jangka pendek semata.

Semua tindakan mesti dilandasi dengan niat luhur tersebut. Tanpa nilai luhur, semua perbuatan dibumbui pernyataan resmi pemerintah dan slogan-slogan penyadaran masyarakat untuk mendukung dan ‘mendoktrin’ masyarakat tak akan ada gunanya. Malah bisa seperti gong yang nyaring bunyinya, tapi tanpa isi dan esensi.

Pernyataan pemerintah juga para pengambil dan pelaku kebijakan di bidang masing-masing hanya bisa sejalan dengan kebijakan yang baik bilamana terjadi hubungan, komunikasi dan silaturahmi antar segenap elemen itu. Bagaimana semua memikirkan dan melakukan hal yang baik-baik dalam tujuan besar menjadi keluarga besar masyarakat yang adil, makmur, sejahtera, tanpa ada dominasi pihak tertentu, di mana ada suatu dominasi menjadi sinyal ada suatu hal yang dipertanyakan.

Sekarang adalah kesempatan untuk memperbaiki diri, untuk menjadi orang yang tepat dalam berpikir dan bertindak. Dengan memperhatikan kepentingan orang lain, sekaligus memelihara pertumbuhan internal dalam kepekaan terhadap nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan yang justru merupakan esensi dalam kehidupan apapun termasuk bidang perekonomian, di mana perekonomian yang melepaskan diri dari nilai-nilai sosial akan menjerumuskan kita dalam masalah ketidakadilan seperti yang dialami bangsa Indonesia dalam krisis yang belum lagi usai.

Bila nilai-nilai esensi itu melekat dalam diri seluruh unsur dari pemimpin pembangunan sebagai kepala rumah tangga hingga unsur di pelosok pedesaan, hal itu akan menjadi suatu tabiat dan karakter seluruh bangsa yang kuat sebagai perwujudan pembangunan karakter bangsa yang bermartabat dan berbudaya yang diperjuangkan sejak kemerdekaan setelah melalui masa-masa panjang penjajahan.

Bila kita buat suatu garis lurus untuk mewujudkan cita agar kita baik-baik saja itu, setelah punya keyakinan yang melekat untuk semua hal yang baik, kita pun menambahkan dengan kebajikan. Kebajikan kita tambah dengan pengetahuan. Pengetahuan kita tambahkan dengan pengharapan. Pengharapan kita tambah dengan pengendalian diri. Pengendalian diri kita tambah dengan ketekunan. Ketekunan kita tambah dengan kesalehan. Kesalehan kita tambahkan dengan kasih, kepada kalangan terdekat yang sama-sama menggeluti dan menikmati rejeki di bidang peternakan dan kesehatan hewan, lalu kepada seluruh masyarakat bangsa dan negara Indonesia, dan, seluruh umat!

Garis lurus itu tentu tepat dengan suasana saat ini: Selamat Lebaran bagi yang merayakan!! (Yonathan Rahardjo)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer